Personel BP2MHP Semarang sdr Mulyono, STP mendapatkan kepercayaan sebagai nara sumber In House Training Pemahaman Standard Terbaru ISO/IEC 17025 : 2017 dan Strategi Uggrading Dokumennya di Laboratorium Pengujian CITO Semarang diikuti oleh seluruh personelnya yaitu Direktur, Manajer Mutu, Manajer Teknis, Penyelia, Analis, Petugas Pengambil Contoh, Staf IT, Staf Pembelian. Kegiatan ini diawali dengan pre test dan penyampaian harapan peserta dalam mengikuti pelatihan. Materi yang disampaikan meliputi Latar Belakang perubahan ISO/IEC 17025:2017, Perbandingan ISO/IEC 17025:2017 Dengan 2005, Interpretasi & Implementasi Klausul Persyaratan 4. Umum 5. Struktur 6. Sumber Daya 7. Proses 8. Sistem Manajemen dan Strategi Transisi dan Upgrading dokumen sistem mutu berdasar ISO/IEC 17025:2017.




Dalam pelatihan ini ditekankan bahwa Tindakan Perbaikan tidak hanya berasal dari hasil audit, melainkan bisa didapatkan dari berbagai sumber  antara lain Pengendalian Pekerjaan yang tidak sesuai, pengaduan dari pelanggan dan hasil Jaminan Mutu Hasil Pengujian, dengan personil laboratorium sebagai motor penggerak tindakan perbaikan tersebut.
Dalam pelatihan ini juga dibahas tentang kapan laboratorium melakukan Tindakan Perbaikan, Analisa Resiko, Identifikasi Resiko dan Peningkatan dengan studi kasus dalam mengidentifikasi akar masalah di laboratorium.




Pelatihan ini juga dipersiapkan untuk menghadapi ISO/IEC 17025 : 2017 terutama dalam hal analisis risiko hingga assesmen risiko dimana hal tersebut bermanfaat dalam implementasi sistem manajemen mutu di laboratorium.





Denah Lokasi BPMHP DKP JATENG